Rabu, 27 Maret 2013

Tips Masuk STPI Curug


Tips Cara Masuk Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ( STPI ) Curug, Tangerang

Assalamualaikum wr.wb
Gua pengen berbagi pengalaman gua saat Tes Masuk Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau biasa disebut STPI Curug. Karena sekolah ini beradah di daerah curug. Oke engga usah berlama-lama. Nama gua Arditama M P. Gua akan berbagi pengalaman gua kepada kalian yang ingin masuk Sekolah Tinggi Penerbangan khususnya Penerbang Sayap Tetap ( PNB-ST ) atau bisa juga untuk Penerbang Sayap Putar ( PNB-SP ). Tes masuk ini di bagi dalam beberapa tahap. Tahap I : Tes Potensi Akademik, Tahap II : Tes Psikotes, Tes Kesamaptaan, Tes Wawancara dan Tes Kesehatan dan Tahap III : Tes Bakat Terbang atau biasa disebut Attitude Test. Oke gua akan cerita dari tes tahap awal. Mohon disimak baik-baik ya. Semoga bisa membantu lu yang ingin masuk sekolah STPI dan lu jadi bisa mempunyai  gambaran bagaimana tes-tes tersebut berlangsung.

Tahap I
Tes Potensi Akademik
Tes Akademik ini adalah tes tentang pengetahuan lu yang diajarkan pada saat SMA.  Pelajaran yang di tes di akademik ini adalah Fisika, Matematika, Bahasa Inggris dan Psikotes. Total semua soal tersebut adalah sekitar 200 soal dalam waktu kalo engga salah itu sekitar 4 jam. 2 jam pertama itu tes fisika, matematika dan bahasa inggris. Lalu lu dapet istirahat sekitar 15 menit. Waktu itu bisa lu pergunain untuk makan, ke wc atau yang lainnya. Dan 2 jam ke-2 untuk tes psikotes 60 soal dan 40 soalnya itu soal tentang pengalaman lu. Contoh –nya seperti: apakah kamu adalah seorang yang jujur? A. iya b. tidak. Kira-kira seperti itu. Dan usahakan kerjakan dengan semakisimal mungkin. Karena tes ini berpengarung layak atau tidaknya lu maju ke tahap selanjutnya. Waktu itu gua tes pada tanggl 14 Juni 2012 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 10 Juli 2012. Kalo menurut gua sih tesnya engga sesusah soal SNMPTN 2012.
TIPS
Pelajari semua pelajaran fisika, matematika dan bahasa inggris yang lu pelajarin dari sekolah. Karena beberapa dari soal itu ada yang keluar dari pelajaran SMA atau tempat-tempat les kalian. Tidurlah dengan cukup, makan yang cukup. Jangan sampe terlalu kenyang, Karena bisa membuat lu ngantuk. Persiapkan diri dari jauh-jauh hari. Datenglah 30 menit sebelum ujian berlangsung. Berpakaian rapih pakai kemeja, celana bahan dan sepatu pantopel hitam.  Oh iya jangan lupa berdoa. Kalo lu ada masalah sama pacar, teman atau sama yang lain, lu lupain aja dulu. Jangan lu pikirin. Oke bro


Tahap II
Tes Psikotes
Tes ini engga beda jauh sama tes akademik. Sama sama mempusingkan dan membosankan. Karena di dalam tes ini berlangsung kurang lebih hampir sama saat lu di tes akademik. Tapi disini bedanya itu tidak ada istirahanya. Lu akan di kasih soal psikotes dan akan diberikan waktu. Dan tes ini pun sangat memutar otak karena yang bermain disini adalah logika. Soal ini sangat aneh- aneh. Disini ada Tes Koran. Maksutnya tes yang kertanya sebesar Koran tapi di dalamnya itu banyak sekali angka-angka dan tugas anda adalah menambahkan angka-angka tersebut sesuai dengan waktu yag di tentukan. Lalu ada Tes Menggambar. Anda akan disuruh menggambar bebas. Lu akan disuruh menggambar orang yang lu kenal. Kalo bisa lu menggambar yang berhubungan dengan pilot.oke dan ada Tes Antonim,Sinonim , Warteg Tes dan lain lain. Lu cari-cari aja di google tentang Tes Psikotes ini dan lu pelajari dengan baik. Kalo gua tes psikotes ini berlangsung pada tanggal 14 Juli 2012.
TIPS
Cari soal-soal psikotes dimana saja atau lu bisa mengikuti tes psikotes disekolah maupun di tempat yang lain. Belajar dengan serius dan sungguh-sungguh karena tes ini juga berpengaruh apakah lu masuk ke tahap selanjutnya atau engga. Jangan lupa lu sarapan pada pagi hari. Karena disini tidak ada istirahatnya. Istirahat yang cukup dan jangan lupa jaga kesehatan. Lupin dulu masalah-masalah yang sedang lu alami. Jangan karena masalah lu, lu bisa gagal. Dan jangan lupa berdo’a terlebih dahulu sebelum mengerjakan soalnya.

Tes Kesamaptaan
Tes ini bisa disebut Tes Fisik. Karena di tes ini yang diuji adalah fisik lu. Waktu itu gua tes kesamaptaan itu pada tanggal 16 Juli 2012. Tes kesamaptaan ini yag di uji adalah lari putiran lapangan sepak bola  1200 Meter/ 1,2 KM atau bisa disebut 3 putaran lapangan bola dalam waktu yang paling cepat. Lalu setelah itu tes Pull Up dikasih waktu 1 menit. Setelah itu tes sit up dan tes push up masing-masing di kasih waktu 1 menit perbanyaklah mendapatkan pull up, sit up dan push up. Karena semakin banyak yang didapat maka akan lebih bagus nilai yang di peroleh. Dan terakhir adalah tes lari membentuk angka 8 dalam 3 kali putaran. Raihlah dengan waktu yang paling cepat. Karena lebih cepat waktu yang dibutuhkan semakin baik nilai yang akan didapat. Kalo lu udah mengikuti tes kesamaptaan ini, lu boleh langsung pulang kok.
TIPS
Olahraga dan latihanlah setiap hari. Jangan sampai dadakan lu latihannya karena di tes ini sangat mengeluarkan banyak tenaga. Jadi latihanlah pada jauh-jauh hari sehingga nafas lu bisa diatur dengan baik. Istirahat yang cukup, jangan bergadang, dan jagalah kesehatan. Oh iya kalo lu mendapatkan tes pada pagi hari, lu baris lah di paling kiri. Karena lu akan mendapatkan tes pertama. Ingat bro semakin siang semakin panas dan tenaga lu akan terkuras bro. waktu itu gua mendapatkan pagi. Dan sayangnya gua baris di paling kanan. Jadi gua dapet yang panas saat matahari berada di atas kepala. Pakai lah baju olahraga, dan sepatu olah raga dan jangan lupa bawa air minum. Kalo lu lupa bawa juga engga papa. Soalnya nanti juga lu akan dikasih minum sama panitia kok.

Tes Wawancara
Tes ini berlangsung tidak terlalu lama. Tergantung FI-nya mau nanya apa aja dan berapa lamanya. Nah di tes ini yang akan menguji lu adalah seorang FI (Flight Instructor ). Di STPI FI = Dewa, Senior = Raja dan Junior = Kacung. Jadi lu jaga sikap kepada FI. Pertanyaan yang akan di Tanya oleh FI adalah suka-suka FI. Jadi kalo lu punya temen yang di panggil duluan untuk di wawancarai, lu Tanya-tanya aja. Siapa tau pertanyaannya bisa sama dan lu bisa mempersiapkannya. Waktu gua tes wawancara, gua ditanya : perkenalkan diri dengan menggunakan bahasa inggris, arah mata angin, derajat mata angin, kenapa lu mau jadi seorang pilot, matematika dasar, letak kota-kota di Indonesia, membuat peta Indonesia. Lu pelajarin nih waktu gua wawancara siapa tau bisa sama dan lu bisa mempersiapkan jawabannya. Dan yang harus di garis bawahi dalam wawancara ini adalah arah mata angin, derajat mata angin, dan kenapa lu mau jadi seorang pilot? Menjawabnya jangan asal yaa. Lu harus menggunakan logika dan yang masuk akal. Waktu itu tes ini berlangsung pada tanggal 19 Juli 2012.


TIPS
Pelajari hasil wawancara yang pernah gua alami. Kalo lu punya temen yang sudah masuk di STPI dengan jurusan penerbang, lu tanya-tanya aja dan lu kumpulin aja pertanyaanya. siapa tau bisa sama yang akan lu hadapi nanti saat wawancara. Dan siapkan mental dan jagalah sikap di depan FI. Jangan cengengesan atau senyum-senyum ga jelas. Karena di STPI “senyummu adalah nerakamu”. Usahakan kalo sebelum duduk hormat terlebih dahulu. Setelah itu jangan langsung duduk terlebih dahulu tunggu di suruh dulu baru lu duduk. Dan duduklah dengan tegak jangan sampai duduknya bungkuk. Pakailah baju yang rapih dan sopan. Pakai baju kemeja warna putih polos, celana gelap dan sepatu pantopel hitam.  Istirahat yang cukup, banyak-banyak berdoa, jaga kesehatan dan siapan mental lu. Karena mental lu pasti teruji dan pasti lu bisa deg-deg ser deh.

Tes Kesehatan
Tes Kesehatan ini dibagi menjadi di dua tempat. Pertama lu akan menjalankan tes di Balai Kesehatan Penerbangan Indonesia Kemayoran dan yang ke dua lu akan menjalankan tenya di Gedung Granadi lekanya di depan Departemen Kesehatan. Ada tes fisik, EEG, ECG, tes pendengaran, tes paru-paru, tes gigi dan tes panjang kaki. Ayo sekarang  kita mulai pengalaman gua. Tes kesehatan di balai penerbangan Indonesia ini berada di daerah kemayoran. Tes ini berlangsung pukul 08.00 WIB. Kalo bisa sebelum jam 8, harus udah sampe di tempat ya. Nanti lu bisa ketemu sama pilot-pilot senior maupun pilot junior dan lu bisa ketemu pramugari cantik-cantik dari berbagai maskapai di Indonesia. Dan lu juga bisa ketemu sama pilot dari luar yang bekerja di maskapai Indonesia. Pas jam 8 lu akan di panggil kalo ga salah lu akan menuju ke lantai 3. Disana lu akan mengisi biodata diri lu dan lu mengasih foto dan surat pengantar yang lu ambil dari STPI Curug. Lalu lu nanti dikasih botol kecil untuk diisikan urine lu. Jangan banyak-banyak ya dan jangan sampe blepetan. Setelah itu lu taro botol ke petugas dan nanti lu akan di panggil untuk di ambil darahnya. Kalo ga salah darah lu akan diambil 2 botol kecil. Setelah itu, lu menuju ke lantai 2 lu akan masuk satu persatu ke ruangan. Boleh lu masuk sesuai urut atau engga juga engga papa.
Tes Mata : lu akan di kasih huruf paling bawah ada yang dari kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri. Setelah itu lu akan menyatukan sebuah lingkaran yang berada di sebelah kanan dan kiri dan menyatukannya. Dan masih banyak lagi deh. Maaf yee gua rada lupa. Soalnya banyak bgt.
Tes Panjang Kaki : disini lu akan di ukur panjang kaki lu. Apakah panjang kaki lu ada sampai 1 meter atau tidak. Diukurnya itu lu akan di suruh duduk dengan kaki di luruskan. Dan nanti petugas akan mengukur panjang kaki lu.  Yang di cari adalah kaki yang lebih dari 1 meter. Setelah itu lu disuruh menarik tali, tali tersebut menghubungkan ke sebuah kotak yang harus lu sejajarkan. Jaraknya kalo ga salah sekitar 3 meteran deh. Lu akan dikasih 4 kali kesempatan.
Tes  ECG/ Tes Detak Jantung : lu akan masuk ke dalam ruangan dan lu disuruh lepas sepatu dan buka kancing baju lu. Lu akan ditempelkan kabel-kabel. Udah kaya robot aja yee. Lu di suruh berbaring di tembat tidur dan lu harus rilex yee. Jangan sampe tegang. Oke bro
Tes Pendengaran : lu akan disuruh masuk kedalam ruangan yang kecil dan lu disuruh menggunakan airphone/ biasa kita sebut headset. Dan nanti didalam sana ada semacam joystick kecil. Jika ada suara, lu disuruh pencet sampai suaranya hilang. Tapi kalo engga ada suara, lu engga usah pencet.
Tes Gigi : nanti lu akan di cek sama dokter gigi dan akan dilihat apakah gigi lu bagus atau engga. Atau gigi lu bolong atau engga. Kalo bisa sih sebelum tes kesehatan, coba gigi lu periksain di dokter gigi terdekat aja dulu. Kalo ada yang bolong, lu tambal terlebih dahulu ya.
Tes Paru-paru : nanti disini lu disuruh buka baju. Badan lu nanti akan disuruh menempel ke suatu benda tersebut secara benar, nanti paru-paru lu akan di foto.
Tes Fisik : disini lu akan ditanya oleh seorang dokter. Apakah lu sakit, lu punya penyakit, punya alergi obat? Ketergantungan obat atau engga dll. Setelah itu, lu disuruh buka baju dan celana. Nanti lu akan di ukur lingkar dada. Nanti juga lu akan di cek telinga lu dengan sebuah alat. Dan terakhir lu disuruh membuka anus lu apakah lu ambeyen atau tidak.
Setelah lu melakukan semua itu, lu tunggu di bangku untuk waktunya di panggil dan lu disuruh bayar kalo engga salah harganya Rp 550.000,00. Setelah itu lu akan di breafing oleh dokter disana untuk besok hari yang akan menuju ke Gedung Granadi. Lalu lu boleh pulang. Ke esokan harinya pun demikian, kalo bisa lu dateng pagi-pagi ya. Karena lu akan mengambil nomor antrian. Karena lebih awal lebih cepat pulang.
EEG/Rekam Otak : nanti lu akan masuk ke dalam ruangan. Dan lu di suruh berbaring di tempat tidur. nanti kepala lu akan dipasang kabel-kabel udah kaya robot yee haha. Tapi disini lu harus rilex jangan sampai tegang. Jangan sampai lu membawa masalah yang sedang lu hadapi. Tinggalkan aja dulu masalah lu. Nanti lu disuruh merem, melek, merem, melek. Kalo disuruh jangan kedip, ikutin yaa. Karena itu sangat berpengaruh. Dan jangan sampai tertidur ya bro. Karena nanti bisa bahaya bro.
Setelah lu mengikuti lu ke kamar mandi untuk membersihkan kepala lu. Karena kepala lu banyak jel-jel bekas tadi pemasangan kabel-kabel itu. Setelah itu lu bayar kalo ga salah seharga Rp 260.000,00 atau Rp 280.000,00an. Setelah itu lu boleh langsung pulang.
TIPS
Di tes kesehatan ini lu harus bener-bener jaga badan lu, jaga kesehatan lu. Kalo gua saranin, lu banyak-banyak olahraga aja deh. Dan jangan terlalu banyak main. Fokusin ke tes-tes ini. Karena semua tes ini sangat berpengaruh. Jika lu ada di salah satu ada yang gagal, maka semuanya akan gagal. Makan-makanlah yang bergizi, istirahat yang cukup, jangan bergadang, jangan ngerokok, jangan mabok dan sejenisnya. Lupain masalah-masalah sama pacar, temen atau yang lainnya.

Tahap III
Tes Bakat Terbang / Aptitude  Test
Tes Bakat Terbang/Aptitude Test ini adalah tes terakhir yang akan lu hadapi. Menurut lu di tes ini apa yang lu bayangkan? Apakah lu membayangakan akan masuk ke dalam ruangan lalu lu diputar-putar atau yang lainnya? Itu salah. Tes ini yang akan di uji adalah apakah lu berbakat atau engga lu membawa sebuah pesawat itu. Disini lu akan di asramakan selama kurang lebih seminggu. Sebelum lu masuk asrama lu akan di breafing dulu untuk tes bakat ini. Atau bisa juga di breafingnya saat lu masuk asrama. Waktu gua, gua masuk asrama tanggal 10 Februari 2013 dan gua pulang tanggal 14 Februari 2013. Kenapa gua pulangnya cepet? Karena gua udah dapet 2 kali terbang. Soal pulang, nanti ada Pembina atau panitia akan ke tempat lu istirahat kok akan memberitahukan pengumuman boleh pulang atau engga. Nanti lu akan masuk asrama jam 5 sore nanti akan ada panitia sipencatar yang akan menjemput lu untuk masuk dan membagikan tempat istirahat dan kelompok lu. Dan jam 5 pagi lu bangun untuk sarapan dan jam 6 pagi lu akan disuruh ke hangar sampai jam 12 siang. Lalu lu akan kembali ke ruang makan untuk makan siang dan setelah itu lu akan kembali ke hangar sampai jam 6 sore. Nanti lu Tanya-tanya ke taruna baju orange tentang isi cockpit dril atau tentang tes bakat yang pernah di alami oleh taruna berbaju orange. Kalo bisa lu minta ke taruna  minta ke cockpit dril biar lu tau instrument-instrument di dalam pesawat. Terus lu pelajari terus sampe bener-bener tau. Waktu gua tes bakat, pesawat yang digunakan adalah jenis Tobago TB-10 dan Piper Warrior 3. Warrior 3 adalah pesawat jenis baru yang ada di STPI Curug. Tapi gua dapet yang Tobago TB-10. Di tahun gua, gua hanya dapet 2 kali terbang doang. Terbang pertama itu bisa dibilang pembelajaran, TAPI itu dinilai juga sama FI. Nanti lu akan disuruh cruise to climb, climb to cruise, cruise to descend, descend to cruise, heading, maintain altitude & heading, descending turn, climbing turn dll. Itu semua suka-suka FI lu. Nanti lu akan disuruh seperti itu sama FI lu. Jaga omongan dan lu harus sopan kepada FI. Karena FI adalah dewa dan junior adalah kacung. Waktu terbang pertama gua itu pada tanggal 11 Februari 2012 jam set 2an. Gua di suruh baca check list lalu mengoperasikan sesuai check list tersebut sampai pesawat itu take off. Dan setelah take off, gua di suruh cruise to climb, climb to cruise dan cruise to descend. Gua juga di suruh maintain altitude & headingnya. Gua juga disuruh pesawatnya lurusin ke runway dan gua di suruh landing. Dan terbang yang kedua lu akan di check oleh FI Checker. Dia adalah bagian pengecekan terakhir. Dan waspadalah kalo lu mendapatkan FI checker yang galak yaa. hati-hati yaa. Dan kalo bisa jangan sampai muntah yaa. Karena kalo lu muntah, lu akan gagal. Saat tes terbang yang ke dua gua itu pada tanggal 13 Februari 2012 jam set 12 siang. Gua di suruh baca check list doang dan yang ngelakuinnya itu FI gua. Gua mendapatkan take off pertama kalinya. Setelah sudah take off, gua disuruh climb to cruise dan cruise to descend. Dan juga gua disuruh maintain altitude & heading juga. Makanya lu belajar yang bener yaa. Jaga sikap lu saat diasramakan. Sopan kepada senior, jaga sopan dan santun lu. Kalo ada FI lewat, lu berdiri dan beri hormat yaa. Kalo ada taruna baju orange, lu sapa yaa. Dan kalo ada taruna yang sedang dorong-dorong pesawat, lu bantu yaa. Oh iya, lu tau permainan Flight Simulator kan? Itu juga cukup lumayan membantu lu untuk menerbangkan pesawat kok. Tapi kalo dengan yang asli sih memang beda jauh bgt. Tapi seengganya lu tau cara menerbangkan pesawat. Nah lu pelajarin deh sebelum lu masuk asrama. Karena itu lumayan membantu kok. Dan pengumuman penerimaannya tanggal 27 Maret 2013. Dan alhamdulillah gua pun Diterima Sebagai Taruna Penerbang STPI angkatan 66.

TIPS
Jaga kesehatan lu kalo lu mau masuk asrama. Jaga omongan, sopan sapun ke taruna. Kalo lu mau terbang jangan makan terlalu banyak yaa. Takutnya nanti lu mual pengen muntah itu bahaya. Karena kalo lu sampai muntah, lu akan gagal. Kalo lu pernah naik hysteria, atau roller coster itu sama bgt di atas seperti itu. Sebelum terbang usahakan lu memakai wangi-wangian. Jangan sampai lu bau badan saat lu terbang sama FI. Karena FI engga suka sama yang bau. Dan kalo lu mau kemana-mana, lu izin dahulu kepada taruna. Jangan asal selonong aja.oke jaga etika lu saat di sana. Karena taruna berbaju orange juga bisa membantu kalo lu sopan dan punya etika yang baik.

Mungkin itu pengalaman gua selama Tes Penerbang di STPI Curug. Dan Alhamdulillah tahun 2013 ini gua bisa Diterima sebagai Taruna Penerbang STPI angkatan ke 66 . Semoga dari pengalaman gua ini, lu bisa punya gambaran tes-tes apa saja yang akan lu hadapi untuk menjadi seorang Taruna Penerbang STPI Curug. Dan bagi yang masuk sekolah ini, persiapkan dari jauh-jauh hari yaa. Dan belajar yang serius. Sukses dalam menjalankan tes ini. Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang sopan di dalam cerita gua ini maaf yaa. Sekian pengalaman dari gua. Wassalam

543 komentar:

  1. AKU BANGGA PUNYA PACAR KAYA KAMU...!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga bangga say punya pacar sama kamu :)

      Hapus
  2. kak kalo punya sertifikat2 pernah juara lomba2 tertentu berpengaruh besar gak sih? atau lebih diprioritaskan gak sih? kalo iya, pada saat kapan sertifikat itu dibawanya? terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya engga berpengaruh deh. soalnya tes ini bener bener detail bgt

      Hapus
  3. kak, waktu sipencatar kemaren saingannya berapa? terus ada ceweknya gak? makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sekitar 5 ribuan untuk penerbang. ada kok lumayan banyak. angkatan kaka aja ada 3 perempuan yang di terima di jurusan penerbang

      Hapus
  4. kak kalo tinggi hanya 161 cm kira2 bisa keterima gak distpi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu kayanya engga bisa deh. sering sering berenang aja atau minum susu yang buat nambah tinggi. min 165 buat non penerbang dan 167 buat penerbang. khusus penerbang kaki min panjang 1 meter yaa

      Hapus
  5. kak biaya pendidikan di stpi untuk jurusan penerbagn kira-kira berapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo angkatan kaka cuma habis dari tes sampe lulus itu kira kira 30 jutaan

      Hapus
  6. kak kira kira habisin biaya berapa untuk penerbangan sayap tetap nya ?

    BalasHapus
  7. kak kalau ips bisa masuk ? tesnya gimana ? kan ada fisika ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah engga bsa. stpi hanya menerima jurusan dari ipa dan smk dengan juruan tertentu saja

      Hapus
  8. kak boleh minta nmer hp atau pin bb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanya di twitter aja yaa @ArdiMgnp .. nanti pasti di jawab kok ..

      Hapus
  9. Kak nilai nem itu berpengaruh gak untuk penilaian? Terus kalo bahasa inggrisnya kurang itu berpengaruh ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. nilai nem engga berpengaruh kok. tapi nilai-nilainya seperti fisika, matematika dan bahasa inggrinya harus memenuhi syarat minimal yang sudah di tentukan ...

      Hapus
    3. maaf kak, kalau nilainya sendiri syarat minimalnya berapa tiap 3 mata pelajaran itu ?

      Hapus
    4. dibawah 7.5 tak lulus ya broo ?? :o

      Hapus
  10. terima kasih banyak buat Bung Arditama atas informasinya, sebab anak saya kepingin sekali masuk sekolah STPI curug, informasi ini sangat membantu kami didalam mengarahkannya. demikian sekali lagi kami sampaikan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  11. Kak, aku mau nanya. Agak banyak nih
    1. Tes utk pnerbang ada tes renang ga sih
    2. Jumlah pendaftar jurusan pnerbang tu brapa trs yang diterima berapa
    3. Kakak sendiri butuh berapa lama untuk persiapan buat masuk stpi
    Udah itu aja. Mohon pencerahannya ya kak. Soalnya insyaallah saya jg mau daftar situ th 2014. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. engga ada tes renangnya kok. tenang aja
      2. jumlah pendaftar engga ada batasan tapi yang di terima sekitar 150 - 200 orang saja.
      3. kalo kaka dari awal masuk sma udah mempersiapkan diri. kalo bisa sering sering olahraga biar selalu sehat. dan jangan lupa belajar seperti matematika, fisika dan yang lebih penting bahasa inggrisnya yaa.
      semoga di terima yaa tahun 2014. semangat terus jangan pernah menyerah yaa.

      Hapus
    2. oh, sy kira yg diterima cuma 20 buat jurusan pnb
      fisika sm matematikanya pljrn sma kls 1-3? atau trtentu aja? susah ga sih kak?
      selain bljr sm olahraga apa lg yg hrs disiapin kak?
      amin. doakan ya kak

      Hapus
    3. iyaa pelajaran yang di dapet selama di sma. yaa dari kelas 1 sampe kelas 3. yaa susah sih tapi kalo belajar pasti bisa kok.
      yang di persiapkan lagi mental dan fisiknya yaa.

      Hapus
    4. Kak, soalnya sm kyk soal un nggak? Lbh susah atau gmn?
      Kakak pny saudara pilot nggak? Atau saudara yg kerja di stpi?
      Mohon dijawab ya kak. Makasi

      Hapus
    5. yaa kurang lebih sama sih. dari keluarga gua, baru dan cuma saya doang yang pilot. engga ada sodara yang kerja di stpi

      Hapus
  12. mas, mau tanya' ni.
    kalau kita dari s1 Teknik penerbangan nih trus mau daftar pilot di STPI curug, nah itu ijazah terakhir yang d pake bwt daftar tu ijazah SMK kemaren atau ijazah S1 nya ?

    mohon infonya nya tentang daftar pilot menggunakan ijazah S1.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep menggunakan izasah sma. smknya emang jurusan apa?

      Hapus
    2. jurusan teknik otomotif mas.
      o ya, utk nilai bhs inggris fisika & matematika ada nilai minimal nya gak mas ?.
      barusan saya email ke pihak panitia kata nya gak ada nilai minimal kalo masuk STPI, tapi sempat tanya2 sama alumni sana kata nya nilai minimal utk ke-3 mata pelajaran itu 7.5

      it gimana mas ?

      Hapus
    3. nilai minimal fisika, matematika dan b.inggris itu 7 atau 7.5. karena yang daftar engga ada nilai yang kurang dari 7.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. permisinih ka mau nanya, saya udah daftar di ONLINE, terus kan tanggal oktober test, nah pertanyaanya, syarat2 yng seperti SKCK fto dll, itu di bawa dan di kasihnya setelah lulus test, atau sebelum test? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti di tanda kartu peserta akan di tanda tanganin oleh panitia sipencatar. nah di situ semua persyaratan yang tertera akan di periksa kelengkapannya. dan kalo udah di tes wawancara akan di kumpulkan di sana. jadi setiap tes-tes berlangsung, semua persyaratan harus dibawa yaa jangan sampe engga ..

      Hapus
    2. kalo ngga ada surat belum nikah gmn broo ??

      Hapus
    3. wah itu persyaratannya. jadi harus ada

      Hapus
  15. thank's mas atas informasinya sangat berguna banget.. soal'a ponakan saya mau daftar ke sana

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. kak permisi saya mau tanya, memang nya nilai tes akademik bahasa inggris nya lebih berpengaruh dari fisika dan matematikanya? lalu di stpi curug ada ikatan kerjanya gak ya kak? kalau ada, maskapai apa aja ya yang kakak tau? terima kasih ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua nilainya berpengaruh di stpi ini bukan hanya untuk satu mata pelajaran tapi untuk semuanya. di stpi semua jurusan sudah ada ikatan kerjanya kok jadi tenang aja kalo lulusan stpi pasti kerja. semua maskapai yang ada di indonesia. semua maskapai yang membutuhkan pilot, akan mencarinya di stpi curug.

      Hapus
    2. kalo di stpi sehari belajarnya berapa lama ya kak? terus kalo sabtu minggu biasanya belajar juga atau engga ya?

      Hapus
    3. masuk pendidikan jam 7 pagi pulangnya jam 4 atau bisa jam 5 lewat. hari sabtu masih pendidikan tap cuma setengah hari doang sampe jam 12 siang doang. minggu libur

      Hapus
  18. penah di kerjain sama senior gak bang ?

    BalasHapus
  19. bang kalo yang panjang kakinya ga nyampe 1 meter gmn?padahal tinggi badan 170cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya engga bisa deh. soalnya panjang kaki di periksa saat tes kesehatan

      Hapus
  20. bang doain ane jd angkatan 67 nya ya?? hehe

    BalasHapus
  21. Kak, gimana kalo ada gigi yang sudah dicabut, bisa masuk STPI gak ya? soalnya di kedinasan yg lain ada yg masih bisa masuk, Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu kurang tau deh. emang gigi yang mana yang di cabut??

      Hapus
  22. waktu ditanya kenapa lo pengan jadi Pilot, lantas kaka jawabnya apa ka? dan soal matematikanya gmana si ka, susah ya ka? itu selama tes wawancara dengan FI apa harus menerangkan dengan bahasa inggris ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya yang masuk akal yaa. jangan bilang karena cita-cita. yaa lumayan susah sih matematikanya. engga kok. nanti jawabnya pake bahasa indonesia kok. tapi engga tau juga kalo FI nyuruhnya gimana ...

      Hapus
  23. Kak saya mau tanya, tadi seperti yg kk bilang diatas yg tes panjang kaki minimal harus 1 meter ya ka, klo krng sedikit anggap 90-98cm'an itu jdi masalah ga ? Terus mengenai tes samapta nih, pull up kan minimal tdi 1 menit, itu hrs brp kali pull tuh kak minimalnya ? Terus ada jeda waktu isitirahat bntr ga saat melakukan pull up, sit up, n push up ?

    BalasHapus
  24. kayanya kala panjang kaki akan jadi masalah deh. kalo pull up, sit up dan lai-lain sejennisnya harus bisa mendapatkan sebanyak banyaknya. lebih banyak pull upnya akan lebih bagus. ada kok. tenang aja

    BalasHapus
  25. hy gan saya ingin nanya kalo untuk tes akademik thu? mtk , inggris , fisika? pelajaran sma kelas berapa

    BalasHapus
  26. thanks
    eh gan kalau untuk berat badan jadi masalah ngga ??
    klau berat badan nya agak kurus gimana

    BalasHapus
  27. Makasih nih bang infonya
    Ada pertanyaan ni bang tapi maaf ya bang kalo agak banyak
    1.seleksi diadain di mana bang? Jakarta ya?
    2. Waktu yg diperlukan dari mulai junior sampe lulus kira kira berapa lama?

    Makasih bang ditunggu balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. seleksi di adakan di stpi curug
      2. itu engga tentu bisa 2 tahun kurang atau lebih

      Hapus
  28. waduh lumayan membantu gan, btw doain gw ya nanti tgl 24-26 Okt 2013 gw tes wawancara sama psikotest

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke. gimana masuk test berikutnya ga?

      Hapus
    2. alhamdulillah tinggal tunggu hasil tes kesehatan yg di Balai Kesehatan Penerbang. nunggu hasilnya masih lama ya?

      Hapus
    3. sekrang udah keluar hasilnya. gimana hasilnya?

      Hapus
  29. kak saya mau nnya.. klo jempol kakinya cantengan bsa diterima nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jempolnya di sembuhin aja dulu sebelum test kesehatan. takutnya nanti berpengaruh ke penilaian

      Hapus
    2. ohya kak,,trus kta'a skrg para taruna/i gag perlu bayar uang asrama lg ya??

      Hapus
    3. iyaa engga. karena sudah di bayar oleh negara

      Hapus
  30. kak saya mau nanya... kalau sekolah smk jurusan pengolahan perikanan,kira kra bisa masuk g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu kayanya engga bisa deh. soalnya disini yang smk hanya jurusan tertentu saja... yang berhubungan dengan mesin

      Hapus
  31. halo bang,abang ada No. Hape gak? Saya mau nanya lebih lanjut sama abang

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya disini aja atau ke twitter aja. nanti di bales kok

      Hapus
  32. Ka, saya ingin tnya2 tntang STPI lagi, boleh minta nmor hp nya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya disini aja mas atau di twitter bisa kok mas

      Hapus
    2. Di STPI harus test English Proficiency ya? jadi kalo saya punya sertifikat TOEFL ga membantu masuk dong?

      Hapus
    3. iyaa. di STPI, sertifikat apa pun engga berpengaruh sama sekali

      Hapus
  33. kak mau nanya dong, kalo pake kcamata bisa masuk gak ya? aku minus 5, silinder 1.5 nih, makasi kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo minus kayanya engga bisa deh. soalnya dalam testnya da test kesehatan dan ada test mata juga

      Hapus
  34. apakah ada pilot yang berkerudung khusus di stpi ??? mohon balas ya ka
    twitter nya follback dong ka ;;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di stpi khususnya jurusan penerbang, taruni engga boleh pakai kerudung

      Hapus
  35. selamat malam kak... kalo pembukan test calon pilot tahun 2013-2014 akan dibuka kapan yah? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2013/2014 udah lewat. nanti tahun depan akan di buka lagi kok.

      Hapus
  36. mau nanya nih ..
    1. pelajaran smp ada yg keluar ga ?
    2. kalo terbang malam biasanya jam berapa ?
    terima kasih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.kayanya engga ada deh pelajaran malem.
      2.terbang malem dulu sekitar jam 7an sampe dengan jam 9an. tapi untuk sekarang, kayanya sudah engga ada terbang malam.

      Hapus
  37. halo kak, minta tolong dong bagi infonya kakak melakukan push up, pull up, dan lari masing2 berapa kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. push up dan pull up dikasih waktu dalam waktu satu menit. dan dapatkan pull up dan push up sebanyak banyaknya. karena semakin banyak, semakin bagus nilainya. kalo lari itu, lari lapangan bola selama 3 kali putaran dan lebih cepat larinya lebih singkat mendapatkan waktunya dan itu lebih bagus.

      Hapus
  38. mau nanya ni kak, agak banyak ni pertanyaannya, maaf ya sblumnya
    oh ya kak, kan anak ips katanya ga bisa masuk, tpi misalny saya ikut bimbel di luar sekolah dengan mata pelajaran fisika, matematika dan b.inggris dan ada sertifikatnya + nilainya, klo kyak gitu, bisa masuk ga kak? atau ttep ga bisa?
    pertanyaan keduanya, kalo berat bdannya berlebih gimana kak? bisa diterima? atau harus ideal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah jurusan ipa atau ips, lebih baik tanya ke panitianya deh.soal itu saya engga tau. berat badan engga mempengaruhi kok. yang penting bisa lulus semua testnya ..

      Hapus
    2. kak, di STPI ada lisensi ATPL ga?

      Hapus
    3. lisensi ATPL hanya dapet di airlines

      Hapus
    4. kak, biaya total sekolah di STPI brapa ya smpe lulus? jurusan penerbang kak

      Hapus
    5. kalo yang tahun 2012-2013 sekitar 26 juta. tapi 2014-2015 sekitar 90 juta

      Hapus
  39. kalo yg daftar di jurusan teknik penerbangan sama keselamatan penerbangan juga ikut tes bakat terbang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga. yang ikut tes bakat hanya jurusan penerbang saja

      Hapus
  40. kak klo mata Min 1,50 gmn ?
    oh yhh kk..kn da test fisika/ipa,mtk dan inggris...inggris di tes'a gmn ? (apa di tes dgn berbicara bahsa inggris ?)
    fisika di tes'a jawabn'a pkk rumus ? begitu jg dgn mtk apa tidak.. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mata min engga bisa. soalnya testnya sangat detail. inggris testnya saat wawancara. iyaa seperti itu. iyaa benar

      Hapus
  41. kak ''
    untuk tes akademik thu , soal ny dasar semua ngga

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya itu pelajaran waktu sma kelas 1 sampe kelas 3. jadi pelajarin pelajaran matematika sma, fisika dan bahasa inggrisnya

      Hapus
  42. kak kalau misal kaki pernah patah tulang dibagian tulang kering kira2 masih bnisa nga di jurusan penerbangan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf nih gua nanya. ada bentuk kaki yang aneh ga setelah patah? terus jalannya gimana? sama kaya orang biasa atau engga?

      Hapus
    2. normal kok kak. nga ada yg aneh. masih bisa kah ?

      Hapus
  43. bang itu nilai minimal pel fisika n matematika rapor apa ijazahhnya???.

    BalasHapus
  44. Kak mau tanya,
    Wkt tes keaehatan, ada pemeriksaan varikokel atau tdk? Trs larinya itu bener 1,2 km? Brati tesnya gk sama kyk akpolbatau akmil ya kak...

    BalasHapus
  45. Oya kak, trs 20 soal lainnya pas psikotes (TPA) itu ttg apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal-soal semua TPA keluar semua. coba cari cari di google aja deh. banyak bgt soalnya tes TPA

      Hapus
  46. Apakah lulusan STPI Curug pasti jadi pilot (dalam bidang jurusannya)? Kan biasanya taruna/i disana sblm lulus uda habis di booking sama maskapai.. Apa pernyataan itu benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa itu udah pasti kok. kalo masalah udah di booking atau belom kurang tau deh. yang jelas kalo sudah lulus, itu pasti kerja kok

      Hapus
  47. ka mau tanya untuk persyaratan yg tes kesehatan kalo gigi graham ompong 2, apa masih bisa tes pnerbang sayap tetap?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh kalo gigi ompong kurang tau deh. kalo gitu, mendingan langsung coba tes aja.

      Hapus
    2. oh kurang tau ya ka?,kalo temen'' angkatan kaka dulu ada ga yang gigi grahamnya ompong 2 gitu?.

      Hapus
    3. iyaa kurang tau. ada sih temen satu doang yang ompong.

      Hapus
  48. kak klo SMK jurusannya TKJ (teknik Komputer jaringan ) bisa masuk ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya bisa deh. itu termasuk jurusan telekomunikasi kan??

      Hapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. kak, mo tanya
    pendaftaran angkatan 2014/2015 bukanya kapan ya? kira2 biaya dari tes sampe lulus berapa? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata temen gue sih petengahan feb

      Hapus
    2. yaa sekitar bulan segitu atau engga maret. kalo masalah harga kurang tau deh

      Hapus
  51. kak tes nya klo di luar jakarta bisa gak. misal nya tes di palembang bisa gak kak, klo bisa dimana kak ntar tes nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu kurang tau deh. kayanya tetep harus gabung ke curug deh

      Hapus
  52. kak mw nanya nilai raport semester 1-5 yg di pakee ?
    atoo nilai apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo engga salah sih di pake. niainya minimal matematika, bahasa inggris dan fisikanya min harus 7 dan nilai UANnya juga minimal harus 7

      Hapus
  53. kak kalo sekolah di stpi dapet ME gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ME untuk beberapa tahun terakhir ini udah engga dapet

      Hapus
    2. mau tanya kak,
      itu persyratannya bner kan smpe umur 23 mash bsa daftar?
      trus itu panjang kaki 1 meter dari mana ke mana?
      telapak kaki ke ujung paha atau dari telapak kaki ke selangkangan ?

      Hapus
    3. iyaa bisa kok. kenapa emangnya? kalau dari mana ke mana kurang tau deh. mungkin dari pinggul deh.

      Hapus
  54. Kak, sy liat di webnya stpi tgl 3 feb 2014 pmbukaan buat jur. Pnb lah sy msh kls 3 sma, trs ijazahnya gimana kak

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. msih lama sih klo mw sekolah tinggi sekitar 4 tahun lgi, skrg msih 3 smp. mw nanya. yg katanya tes bakat penerbangan itu, tes waktu baru mw masuk atau gimana ?

    itu aja tks (enak banget mas udh jadi pilot ) ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tes dimana peserta tes itu layak atau tidaknya menjadi seorang penerbang. karena saingannya disini banyak bgt dan seleksinya ketat sekali

      Hapus
  57. kang , ingin nnya untuk tes akademik ( mtk , fisika , inggris ) thu soal nya dasar semua tha ?? dan untuk bahasa inggris soal nya thu grammar ( rumus inggris ) atau ngga

    BalasHapus
  58. masa belajar penerbang sayap tetap berapa tahun ?

    BalasHapus
  59. ada batas toleransi minus kyk bifa ga? ane min 0,25 ini

    BalasHapus
  60. kak bedanya penerbang sayap tetap sama sayap putar dimanannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau penerbang sayap tetap itu seperti = boeing, airbus, ATR dll. kalau penerbang sayap putar itu seperti helicopter.

      Hapus
  61. kak, biaya bulanan di stpi brapa ya? jurusan penerbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk tahun 2014/2015 sekitar 80-90an sampai selesai

      Hapus
  62. kuota penerbang untuk tahun ini berapa ya?kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. unutuk tahun 2014/2015 itu sekitar 180 orang

      Hapus
  63. kak, waktu tes kesamaptaan itu lari lapangan bola.a berapa kali kak? kan 12 menit, nah itu sprint atau jogging biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau waktu itu 3 kali lapangan bola. lari secepat-cepatnya. makin sedikit waktunya makin bagus nilainya

      Hapus
  64. bang, soal TPAnya susah ga? terutama fisika sama mtknya..
    trus kalo ada gigi yg udah dicabut gimana? ditunggu balasannya bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga sesusah soal SNMPTN 2012 (kalau menurut gua). di coba aja deh. soalnya kurang tau juga masalah gigi yang udah di cabut

      Hapus
  65. kak kalau giginya berantakan/tidak rapi bisa lulus tes nga kak?
    terus kalau b.inggrisnya yg paling penting itu vocab atau pronunciationnya kak dalam tesnnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok. temen gua ada yang giginya berantkan. yang paling penting bisa berbicara bahasa inggris.

      Hapus
  66. kalo yang ikut tes cewek dan jurusan komunikasi penerbangan kaya gitu juga nggak kak tes yg harus dijalanin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sama kok tapi yang beda engga ada tes bakat terbang sama tes kesehatan di balai penerbangan indonesia..

      Hapus
  67. ka punten saya mau nanya , saya kan baru kelas 11 SMA jadi apa aja ka yg harus saya persiapkan supaya bisa masuk STPI ka makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar dengan sungguh-sungguh, jaga kesehatannya jangan sampai ada penyakit, bisa berbahasa inggris dan persiapkan mentalnya juga yaa

      Hapus
  68. tolong kasih pencerahan ya ka trimakasih banyaak

    BalasHapus
  69. Mas klo mata min 0,5 kira kira lulus gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok. tapi itu terrgantung orangnya masing masing. nanti ada tes matanya juga. kalo bisa lulus, berarti bisa masuk kok.

      Hapus
  70. Kak kalo biayanya dibayarnya bertahap apa langsung 30juta

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembayaran pendidikan emang bertahap kok sesuai semester.

      Hapus
  71. makasih banyak bro infonya membantu banget nih bagi gua:D

    BalasHapus
  72. terimakasih kak arditama, sy teman rumah nya kak Hary Darmawan S, PNB-ST 66 hehehe
    sekarang sy sedang menunggu jadwal seleksi PNB 67 gel 2, Tahap 2, info dan tips nya bagus sekali kak, sy jd bisa lebih mempersiapkan diri lagi.
    sekali lagi terimakasih ya.

    Best regards
    Yogie Bagas

    BalasHapus
  73. Bang, kalo dari madrasah aliyah kira-kira bisa keterima stpi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok yang penting sesuai persyaratan aja

      Hapus
  74. kak , saya punya bekas patah tulang di tangan , terlihat bengkok jadinya , katanya klo masuk penerbang udh gk bisa , tpi klo yang jurusan non penerbang seperti lalu lintas udara masih bisa ?

    BalasHapus
  75. kak,mau nanya nih saya kelas 10 jurusan IPA lulus nanti tahun 2016,saya niat masuk STPI Curug.. kira-kira biaya yang dibutuhkan sampai lulus berapa ya kak?? saya liat di web semester 1 biayanya 36 jt'an,itu biaya untuk satu semester aja atau sudah keseluruhan sampai lulus?? mohon jawabannya kakk,dan follbak twitter saya @fikry_rmdhn dong.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sekitar 90-100an (mungkin). itu pembayaran untuk semseter 1 saja. nanti masih ada biaya untuk smester yang akan datang.

      Hapus
    2. berapa semester itu kak?? 36jt itu untuk satu semester? mau naik lagi kapan tuh kak? oiyaa sama mau nanya,tes TPA itu sulit gak sih kak? saya udah coba lumayan sihh.. kak follback twitter .... hehe

      Hapus
    3. sekitar 2 tahunan lebih. iya untuk satu semester doang. tahun ini naik. ya sepeti itulah tes TPAnya

      Hapus
  76. Kak, saya punya penyakit skoliosis kayak tulang belakang melengkung lengkung gitu, kalo mau masuk jd penerbang bisa gak? Kalo nggak, kalo saya operasi terus kan lurus gitu masih bisa masuk gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tulang belakang, itu engga bisa deh. soalnya tes kesehatannya sangat detail bgt. mungkin kalo setelah operasi baru bisa

      Hapus
  77. kak saya dari surabaya, akses untuk ke curug lewat mana ya? apa bisa naik pesawat turun di bandara budiarto?

    BalasHapus
    Balasan
    1. turun di SOETA aja. nanti disana banyak taksi kok. kalo naek angkutan umum seperti angkot, ribet bgt bisa muter muter

      Hapus
  78. kak mau nanya larangan-larangan di stpi apa aja kak?

    BalasHapus
  79. ka setau saya sekolah kedinasan itu bukannya gratis, mohon pencerahannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga semuanya gratis. cuma mendapatkan subsidi dari pemerinth dan kita juga tete bayar. engga banyak kok bayarnya

      Hapus
  80. kak maksudnya kaki panjang 1meter itu 1kaki atau 2kaki kak? Kak Maaf ya , aku banyak Nanya, 1 lagi kak, sebaiknya masuk SMA atau SMK JURUSAN PENERBANGAN?? Maaf ya Kak, Ganggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya 2.2nya panjang kakinya harus 1 meter/ masuk sma bisa kok tapi nanti ngambil jurusan ipa. karena ips engga bisa. kalo smk juga bisa. tapi nanti ngambil jurusan mesin atau sejenisnya.

      Hapus
  81. Bang mau nanya dong, katanya di penerbang ada tes kelengkapan kelamin itu bener gak bang? terus kalo ada berlaku buat semua jurusan bang?
    Dijawab ya bang, thanks bang!^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksutnya apaan kelengkapan kelamin? kayanya engga ada deh. emang ada yang punya kelamin ganda yaa?

      Hapus
  82. Kak, ada tes buta warnanya nggak?
    kalo ada kayak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ada. yaa seperti kalo mau tau berapa minusnya di optik.

      Hapus
  83. STPI CURUG kalau siswanya lulus udah di booking sama maskapai ya ?

    BalasHapus
  84. Banh mau nanya ni , untuk tes mm , fis, sama b.ingrris nya berapa soaaal? Terus mm nya tingkat kesulitannya kayak matematika dasar atau ipa kalo di snmptn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu semuanya ada 100 soal. seperti matematika ipa di snmptn. makanya belajar dari jauh-jauh hari.

      Hapus
  85. kak mau tanya kalo cewek masuk STPI CURUG jurusan penerbangan waktu push up ny kaki dilipat atas push up kyak cowok
    THANKS.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. push upnya, ya push up perempuan. kakinya di tekuk

      Hapus
  86. Kak, seingat kk dulu untuk tes matanya itu kita dicek menggunakan alat seperti di optik atau cuma tes baca jarak jauh saja? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti optik dan adatambahan lagi yang engga ada di optik

      Hapus
  87. Kak sekarang kan ramadhan kan, tes kesemaptaan nya jadinya gimana tu kak ? Dijawab ya kak Makasih

    BalasHapus
  88. kak, kalo test yang penerbang sama non-penerbang bedanya di mana ya kak?
    trims

    BalasHapus